Kamis, 22 September 2011

Sinopsis buku “Wawasan, Tantangan, dan Peluang Agrotechnopreneur Indonesia” karya E. Gumbira-Sa’id Oleh: Fatimah Aisyah (TIP B 2010 NPM : 240210100065)


Pengertian agrotechnopreneur adalah pengusaha di bidang pertanian dengan memanfaatkan teknologi.
Dalam buku ini diterangkan bahwa untuk seorang agrotechnopreneur tidak perlu menjalankan bisnisnya di daerah yang bidang pertaniannya maju. Seorang agrotechnopreneur harus berani mengambil resiko jika ingin menjadi agrotechnopreneur yang berhasil. Dan apabila kita melihat hasil pertanian di Indonesia yang begitu melimpah ruah, seharusnya peluang bagi para agrotechnopreneur di Indonesia lebih tinggi. Tetapi bukan berarti dengan hasil pertanian yang melimpah ruah, tidak ada kendala bagi menjalankan bisnis ini.
Terdapat berbagai permasalahan pertanian dan pangan di Indonesia salah satunya yaitu cuaca. Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang timbul tersebut para agrotechnopreneur harus memiliki keunggulan yang kompetitif yang dimiliki oleh pengusaha yang inovatif bukan dari keunggulan yang nilai tambahnya kecil
Buku ini juga menceritakan tentang para agrotechnopreneur indonesia yang berhasil. Salah satunya adalah keluarga sosrodjojo yang membangun bisnis agrotechno dibidang teh yang pada saat ini produk tehnya dikenal dengan Teh Botol.
Merk dan produk Teh Botol ini tidak serta merta muncul dan berhasil. Pada awalnya keluarga sosrodjojo memakai merk Teh Cap Botol dan melakukan program cicip rasa.  Tetapi program tersebut tidak dapat dipertahankan karena  program cicip rasa ini tidak efisien. Karena pada program ini dibutuhkan waktu yang lama untuk mencicipi teh yaitu sekitar 30 menit. 30 menit tersebut merupakan waktu yang diperlukan untuk menyeduh Teh Cap Botol tersebut. Hal ini lah yang memunculkan ide untuk membuat teh manis dalam kemasan botol yang sampai sekarang dikenal sebagai Teh Botol Sosro.
Selain cerita sukses keluarga Sustrodjojo, diceritakan pula beberapa keberhasilan para agrotechnopreneur Indonesia maupun negara-negara ASEAN. Cerita-cerita tersebut dapat menjadi contoh untuk para calon agrotechnopreneur di masa yang akan datang untuk lebih giat dalam usahanya untuk mencapai keberhasilan.
Selain mencerikatan tentang para agrotechnopreneur yang berhasil dalam bisnisnya, buku ini juga berisikan tentang wawasan dan kiat-kiat untuk menjadi salah satu agrotechnopreneur yang berhasil.
Bagi anda yang memang ingin menjadi agrotechnopreneur sangat dianjurkan untuk membca buku 'Agrotechnopreneur Indonesa ini' karena berisikan lengkap tentang apa-apa saja yang harus dilakukan untuk menjadi seorang agrotechopreneur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar